photo 468x60_zps846471c1.gif

KABEL

|| || || Leave a komentar


ada gangguan pada komputer workstation
  1. Kabel dan Konektor
Kabel dan konektor merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan. Kabel dan konektor untuk membuat jaringan LAN yang banyak digunakan ada 3 jenis yaitu:
· Jenis kabel serat optik menggunakan konektor SC dan ST. Gangguan atau kerusakan pada kabel dan konektor jenis serat optik sangat jarang, tetapi memerlukan penanganan secara khusus untuk perawatan jaringan
· Jenis Kabel UTP dengan konekor RJ45. Gangguan atau
kerusakan pada kabel jenis ini adalah konektor yang tidak terpasang dengan baik (longgar), susunan pengkabelan yang salah dan kabel putus. Indikasi yang dapat dilihat adalah lampu indikator yang tidak hidup pada kartu jaringan atau pada Hub/switch. Jaringan menggunakan kabel UTP kesalahan yang muncul relatif sedikit, karena jaringan terpasang menggunakan topologi star, workstation terpasang secara paralel dengan menggunakan swicth/hub. Sehingga yang terjadi gangguan hanya pada workstation yang kabelnya mengalami gangguan saja
· Jenis kabel Coaxial dengan konektor BNC. Kabel jenis coaxial memiliki akses yang cukup lambat bila dibandingkan jenis kabel lainnya dan sering terjadi gangguan karena konektor yang longgar (tidak konek), kabel short dan kabel terbuka resistor pada terminating conector. Short pada pemasangan kabel dengan plug konektor ini menyebabkan system jaringan akan down dan komunikasi antar komputer berhenti

CARA MENDETEKSIKERUSAKAN/PERMASALAHAN PADA KOMPUTER 
pada garis besarnya dapat dibagi dua, yaitu :

1. Faktor Perangkat Keras (Hardware)
2. Faktor Parangkat Lunak (Software)
Kerusakan pada Faktor Perangkat Keras (Hardware) bisa disebabkan karena :
  • Instalasi hardware belum benar seperti pemasangan kabel, jumper, slot, Baut atau skrup dll
  • Kerusakan pada komponen hardware, seperti Processor, Motherboard, Memory, VGA Card, Hardisk dll.



Kerusakan pada Faktor Parangkat Lunak (Software) bisa disebabkan karena :

  • Kerusakan pada System Operasi
  • Kerusakan pada Program Aplikasi
  • Kerusakan pada Driver

Topologi Hybrid
Topologi Hybrid merupakan gabungan atau kombinasi dari dua atau lebih topologi jaringan lainnya. Topologi Hybrid sering juga disebut Tree topology.
12. http://eorenmh.blogspot.com/2009/11/membetulkan-komputer-yang-tidak-bisa.html

Membetulkan komputer yang tidak bisa mengakses file sharing

Seperti yang pernah saya copy paste tulis di sini
Di postingan tersebut saya 'belum sempat' untuk menterjemahkan apa arti dari artikel
tersebut
Jadi, bersiap-siaplah kawan, karena saya akan mencoba menterjemahkannya untuk anda!
Dasar Permasalahan
Laptop Acer 4720Z milik teman saya tidak bisa mengakses file sharing yang ada di jaringan LAN di kantor kami

Gejala
Untuk mengakses file sharing, ada beberapa cara :
  • Keluarkan menu 'run', dan masukkan IP address dari mesin yang memiliki file sharing, didahului dengan tanda "\\", misal : "\\192.168.0.1". Lalu ketik OK. Bila berhasil, maka akan muncul windows explorer yang menunjukkan isi dari file sharing tsb. Namun jika tidak berhasil maka akan muncul :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_DJfWrzUXW956wgH04SJVb1YWJSaUTAlVveXv3KOk5arL_7UC9maxdtB7lnUhmNH1xkGaLbD-SmJfJuwPpDiK2IxnGOmISCK0kOCHfM-bbKh3G_bBhiVCeMU2i_BTbiV0P7c40eddGDb1/s320/error+file+sharing.JPG
Oh tidakkkk
  • Keluarkan CMD, lalu masukkan perintah sebagai berikut :
net use \\192.168.0.1
jika berhasil akan muncul :
the command completed successfully
namun jika tidak, akan muncul :
System error 53 has occurred.
The network path was not found.
Nah, kira-kira hal seperti itulah yang terjadi pada laptop teman saya tersebut...
Hal seperti itu dapat terjadi jika ada service yang tidak running, yaitu Server dan Computer Browser. Setelah saya cek melalui services.msc, ternyata memang benar bahwa kedua service tsb tidak running. Lalu saya pun coba untuk men-start service Server terlebih dahulu, hasilnya? Dia running tanpa ada masalah.
Kedua, saya memeriksa kondisi service Computer Browser yang ternyata Stopped, dan ketika saya coba untuk men-start, dia running tanpa ada masalah. Namun, entah mengapa semua Gejala di atas tetap terjadi.
Setelah merenung beberapa saat, perhatian saya tertuju kepada ikon Wireless Connection yang sedari tadi mencoba "Acquiring Network Address". Saya mulai curiga, apakah itu ada hubungannya?
Dugaan saya cukup beralasan, service DHCP Client ternyata dalam status Stopped, dan ketika saya Start, dia gagal dengan alasan Dependencies (hal yang menyebalkan di semua dunia Sistem Operasi).
Setelah saya cek, service ini membutuhkan tiga service untuk running, yaitu :
  • AFD
  • NetBios over Tcpip
  • TCP/IP Protocol Driver

Mati atau tidak berfungsinya komponen pendukung jaringan disebabkan oleh korosi (berkarat) dan rusak. Korosi yang terjadi dikarenakan ruang atau tempat jaringan yang lembab dan juga pemakaian yang suah terlalu lama tanpa adanya perawatan yang berkala. Dalam sistem jaringan LAN sering kita menyebut permasalahan yang menyebabkan seluruh atau sebagian jaringan terganggu disebut jaringan dalam kondisi down. Down dalam jaringan bisa kita artikan sedang turun atau tidak bekerja secara maksimal. Down dapat meyebabkan komunikasi dalam jaringan menjadi lambat atau tidak bekerja sama sekali. Kondisi tersebut yang perlu ditangani sehingga jaringan dapat bekerja dengan baik dan kembali normal. Istilah Down dalam jaringan komputer LAN berbeda dengan Down pada jaringan Warnet (warung Internet). Down pada jaringan LAN disebabkan system dalam jaringan LAN tersbut atau karena tidak berfungsinya peralatan maupun komponen dalam jaringan LAN tersebut. Down pada Warnet disebabkan oleh banyak sekali faktor diantaranya pengaruh dari jaringan LAN
yang ada dalam warnet, dari Provider (jasa pelayanan akses internet) yang mengalami gangguan dan bisa juga dari line telphon yang penuh sehingga menyebabkan akses ke internet tidak dapat dilakukan Down dalam jaringan LAN lebih mudah penanganannya apabila dibandingkan dengan Down pada Warnet. Down dalam jaringan LAN lebih mudah diatasi karena kita dapat mendeteksi melalui indicator-indikator yang dapat kita lihat. Indikator-indikator tersebut memberikan isarat jika terjadi kerusakan atau tidak berfungsinya komponen

            Hub merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan komputer, Hub sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer sehingga jika Hub mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terputus dan terganggu.

Hub berfungsi sebagai peragkat keras penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan tersebut. Hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung. Berdasarkan fungsinya Hub dibedakan menjadi 2 macam yakni:
  1. Hub pasif merupakan hub yang berfungsi sebagai pemmisah atau pembagi jaringan, akan tetapi tidak melakukan penguatan sinyal sehingga hub ini tidak membutuhkan tenaga listrik tambahan.
  2. Hub Aktif berfungsi sebagai penghubung jalur secara fisik dan penguat sinyal dalam jaringan, Akan tetapi Hub aktif membutuhkan tenaga listrik tambahan untuk bisa bekerja.
/[ 0 komentar Untuk Artikel KABEL]\

Posting Komentar

 photo 468x80_zpsaead3be9.gif Putri, Ubas, Rani, Anita (AFI) - Terima Kasih Guruku

Powered by mp3soup.net